Skip to main content

BAB 1 : FUNGSI DAN PERAN SOSIOLOGI

s  Hay,.. semuanya. Admin mo kasih materi pembelajaran lagi nih,. harap jangan bosen ya,. ayo disimak!

A. HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDUAL DAN SOSIAL


          Manusia sebagai Makhluk individual
                                Kata “individu” mempunyai makna yang berbeda dengan  individualisme dan individualis. Individualisme adalah paham yang  mementingkan hak perseorangan di samping kepentingan masyarakat atau Negara. Individualis adalah sikap yang mementingkan diri sendiri.
                                     Kata “individu” dalam konsep manusia mau menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk otonom. Sebagai makhluk otonom, manusia memiliki kebebasan dalam menentukan pilihannya dan bertanggung jawab atas pilihannya itu.
                                     Contohnya, bagi kita kesadaran bahwa manusia merupakan individu yang unik hendaknya mendorong kita semua untuk dapat saling bertoleransi, hidup dan bekerja sama dengan damai dalam masyarakat. Dengan menyadari perbedaan individu, kita akan dapat memahami diri kita dan menerima diri kita dengan lebih baik. Dengan mengetahui perbedaan individu, kita juga bisa memberikan perhatian kepada orang lain, memahami masalah orang lain dan mencoba untuk mentolerir mereka.
     
          Manusia sebagai Makhluk Sosial
                                     Selain sebagai makhluk individu, manusia juga makhluk sosial. Menurut Aristoteles, manusia pada kodratnya adalah makhluk sosial. Menurutnya, manusia harus hidup dalam masyarakat. Di dalam hidup bermasyarakat, kita harus menunjukkan sikap sosial yang positif antara lain adalah tenggang rasa,kerjasama, dan solidaritas.
                                     Kita juga hendaknya memiliki rasa toleransi. Toleransi menunjuk pada adanya suatu kerelaan untuk menerima kenyataan adanya orang lain yang berbeda. Sejak lahir seseorang sudah membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya.
                                    Dalam kebersamaan itu manusia saling menjalin interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok.

B.  GEJALA SOSIAL YANG TERJADI DI LINGKUNGAN   MASYARAKAT

        Pengertian Gejala Sosial
              Gejala sosial adalah peristiwa –peristiwa yang terjadi diantara dan oleh manusia,baik secara  indipidu maupun secara kelompok tu[Gulo,2010].suatu peristiwa atau proses disebut gejala sosial karena perilakuoleh indipidu yang tersebutdi dalamnya saling terkait.meniurut Durkheim,gejala sosial harus dipahami sebagai fakta obyektif di luar kehidupan subyektif individu.Gejala sosial antara lain mencakup gejala ekonomi,gejala politik,gejala budaya dan gejala moral.
                 Contoh gejala sosial antara lain adalah kemiskinan,kejahatan,perang,kewirausahaan dan persamaan gender.
    
         Karakteristik Gejala Sosial
        Ada beberapa gejala sosial. Diantaranya sebagai berikut.
-         Gejala sosial sangat kompleks
-         Gejala sosial beranekaragam
-         Gejala sosial tidak bersifat universal
-         Gejala sosial bersifat dinamis
-         Gejala sosial tidak mudah di mengerti
-         Gejala sosial kurang objektif
-         Gejala sosial bersifat kualitatif
-         Gejala sosial sulit diprediksi

Bentuk dan Jenis Gejala Sosial
          Gejala sosial,menurut Pitrim A Sorokin,dapat di kelompokkan dalam berbagai jenis;
a.      Gejala sosial religious
b.     Gejala sosial ekonomi
c.     Gejala sosial politik
d.     Gejala sosial hukum
Ada tiga tingkatan gejala sosial, ketiga tingkatan itu adalah
a.      Gejala sosial micro
b.     Gejala sosial meso
c.     Gejala sosial makro

C. FUNGSI DAN PERAN SOSIOLOGI DALAM MENGKAJI GEJALA SOSIAL DI MASYARAKAT


         Sosiologi dan Pengetahuan Umum (Common sense)
                     Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antarindividu dengan   individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok
       
        Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan
                    Ciri-ciri Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan sebagai berikut :
-         Sosiologi bersifat empiris
-         Sosiologi bersifat teoritis
-         Sosiologi bersifat kumulatif
-         Sosiologi bersifat nonetis

 Metode Ilmiah
      Sosiologi mengenal dua macam metode ilmiah, yakni metode kualitatif dan kuantitatif.
1.     Metode kualitatif
2.     Metode kuantitatif
  Sementara itu, langkah-langkah utama dalam sebuah penelitian sosiologi :
1.     Mengindetifikasi masalah
2.     Merumuskan masalah dan menentukan ruang lingkup penelitian
3.     Merumuskan hipotesis yang relevan dengan masalah yang diajukan
4.     Memilih metode pengumpulan data
5.     Mengumpulkan data
6.     Menafsirkan data
7.     Membuat kesimpulan

Hubungan Sosiologi dengan Ilmu Lain
       Seorang sosiolog sama seperti psikolog, antropolog, ilmuwan politik, ahli ekonomi, dan ilmuwan sosial lainnya, mempelajari perilaku sosial dan perubahan sosial (Andersen, 2007).
       Dalam penelitiannya, sosiologi sama seperti ilmu sosial yang lain juga menggunakan angka-angka matematis, seperti data statistik, sebagai salah satu alat analisis.


Peran dan Fungsi Sosiologi
       Sebagai ahli ilmu kemasyarakatan, para sosiolog sangat berperan dalam membangun masyarakat terutama di daerah yang sedang berkembang. Bentuk-bentuk peran sosiolog tersebut sebagai berikut :
1.     Sosiolog sebagai ahli riset
2.     Sosiolog sebagai konsultan kebijakkan
3.     Sosiolog sebagai praktisi

4.     Sosiolog sebagai guru atau pendidik.

ssekian materi dari admin semoga dapat membantu yang lagi pusing ngerjaiin PR, Tugas Kelompok PPT, atau materi Remidial UH Sosiologi. Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengetahui Apakah Laptop/Komp Support OpenGl 2.0 Atau Tidak

Laptop Atau Komputer pasti semuanya mempunyai OpenGl. Terkadang ketika kita ingin menjalankan aplikasi muncul notif bahwa OpenGl 2.0 tidak support. Jika Ingin Mengetahui Laptop/Komp kita support OpenGl 2.0 begini caranya: Gpu Caps Viewer Gpu Caps Viewer adalah sebuah software dari Vendor Geeks3D. software ini akan menganalisis Gpu kita dan akan memunculkan hasil analisisnya. 1. Pertama download dulu software Gpu Caps Viewer nya  DISINI . 2. Setelah download Install seperti biasa. 3. Setelah selesai Install buka aplikasi nya,. 4. Pilih Tab OpenGl untuk mengetahui laptop/komp kita support OpenGl 2.0 atau tidak. 5. Setelah itu lihat GL_VERSION apakah angkanya lebih dari 2.0. jika lebih berarti laptop/komp anda support OpenGl 2.0. itu dia Sedikit tips dari blog ini, sekian dan terima kasih...  Link Download :  DISINI

Laman Sbmptn Di Hack Lagi Ini Dia Isinya !!!

Nampaknya indonesia tak habis dengan masalah tentang ahok. Kaliini situs sbmptn.ac.id dihack oleh hacker baru-baru ini LAGI. Isinya seperti ini "give is all to this country" "Guilty and sentenced 2 years in jail" "Saya makan sendok dan saya makan pakai  sendok itu beda" "dan kamu tidak bisa membedakannya ?" Nampaknya sang hacker mengeluarkan isi hatinya, ya memang betul ygbl hacker tsb sampaikan indonesia sudah hancur orang baik dihukum tetapi orang jahat didukung. Jangan lah menjadi orang baik diindonesia karena anda bakalan dihukum. # welcome to indonesia

5 Tanaman Cantik Penyerap Racun

Hallo Sobat BB!! Ketemu lagi kita oke pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sesuatu ilmu yang bermanfaat untuk kalian semua, yaitu tentang  5 Tanaman Cantik Penyerap Racun . apa saja sih?? Keterbatasan lahan bukanlah alasan untuk tidak menyejukan rumah dengan aneka tanaman. tak perlu pekarangan luas, tanaman-tanaman hias nan cantik ini bisa tumbuh di dalam rumah. bonusnya, mereka juga berfungsi sebagai penyerap racun yang ampuh.! 5 tanaman tersebut adalah : 1. Lidah Mertua "Tajamnya" lidah mertua (sansevieria trifasciata) yang satu ini luar biasa dalam menangkal racun di udara. penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengungkap, lidah mertua mengandung pregnan glikosid , bahan aktif untuk mengurai 107 unsur polutan, bahkan menyerap radiasi gelombang elektromagnetik. satu tanaman deawas berdaun 5 helai saja sudah cukup untuk mengurangi polusi udara dalam ruangan seluas 20 m 2 . Tumbuhan ini tidak memerlukan banyak air dan cahaya mataha